Rangkaian Proses pemurnian Air

Ada berbagai macam proses penyaringan isi ulang yang ada dipasaran dari yang sederhana hingga yang berteknologi terkini. Namun secara umum teknologi yang sederhana.

seperti gambar disamping ni telah memenuhi kualitas standard.
Gambar 1.1 Desain mesin
Keterangan dari gambar :
1. Pompa semi jet : dianjurkan penggunaan stainless steel.
2. Filter Media : umumnya pasir silika bangka akan lebih baik penggunaan antracite atau ferro.
3. Filter Media : karbon aktif lebih baik menggunakan karbon yang berkualitas baik dengan nilai absorb 900 keatas.
4. Filter catridge : banyak isi ulang menggunakan lebih dari 4 buah, akantetapi kesemuanya tergantung kualitas dari catridge itu.
5. Ozone processor
6. Pipa foodgrade : lebih baik jangan menggunakan pipa PVC yang tidak foodgrade karena akan menjadi sarang bakteri pada sambungan pipa yang terkena lem, gunakan hanya pipa tanpa lem dan pergunakan siku secara minimal.
7. Ultra violet : sesuaikan UV dengan flow pompa agar bakteri tidak lolos.
8. Sistem pengisian : selalu tertutup rapat agar mencegah kotoran dan bakteri udara menyebar, bila memungkinkan gunakan UV Ruang tapi radiasinya berbahaya terkena kulit dan mata.
9. Sistem pencucian galon dan pembilasan galon : gunakan bahan kimia yang aman untuk dikonsumsi sehingga tidak terjadi efek samping.
Untuk proses di atas dapat dikembangkan misalkan filter media menggunakan 3 tabung atau filter media menggunakan
stainless steel (untuk penampilan) tetapi gunakan ss tabung 304 karena stainless bukan selamanya lebih baik dari tabung FRP. Anggapan bahwa semakin banyak filter media yang digunakan akan semakin baik, tetapi lebih diperhatikan kualitas dari media tersebut ini yang akan sangat membantu dari rasa air minum.
Atau catridge filer menggunakan kualitas yang bagus dan juga dapat dipergunakan dalam jumlah lebih banyak bahkan sistem tersebut dapat dikembangkan juga menggunakan sistem Ultra Filtrasi 0.01 mikron sehingga kualitas lebih baik.
Pemasangan ozone juga harus disesuaikan dengan kapasitas pompa, banyaknya ozone yang sering ditemui di tempat-tempat isi ulang tidak sesuai dengan kapasitas pompa yang digunakan jadi hanya sekedar ada ozone tetapi manfatnya tidak maksimal.
UV (ultra violet) sebagai proses sterilisasi merupakan hal paling penting dalam proses sederhana ini karena ini adalah jantung kedua setelah ozone jadi kapasitas/kemampuan UV tersebut harus diperhatikan dan disesuaikan dengan pompa.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *