Panduan Cara Merakit Reverse Osmosis

Panduan Cara Merakit Reverse Osmosis

Panduan Cara Merakit Reverse Osmosis – Mungkin sudah banyak kita ketahui tentang teknologi RO yang dinyatakan sebagai salah satu teknologi terbaik untuk penjernihan air. Namun, pernahkah kita memikirkan cara merakit reverse osmosis ini?

sebab, jika kita bisa merakit sebuah mesin RO sederhana tentunya kita bisa mendapatkan keuntungan air bersih setidaknya untuk kebutuhan rumah tangga. Mesin RO yang dirakit dengan baik bisa difungsikan untuk menghilangkan sumber kontaminan di dalam air seperti ion negatif dan mineral. Poin inilah yang membuat penyaringan air menggunakan teknologi RO menjadi lebih baik untuk diminum.

Cara Merakit Reverse Osmosis Sederhana

Tentu saja untuk menghasilkan air minum yang layak untuk dikonsumsi harus diolah dan disaring dengan peralatan yang benar seperti mesin RO. Namun, kita sebenarnya bisa membuatnya dengan mempelajari cara merakit reverse osmosis yang akan dibahas kali ini. Sebelumnya, kita harus tahu 3 bagian utama dari mesin RO yaitu :

Rangka Utama yang terdiri dari : adaptor, housing membran, boosterpum RO, HPS, LPS, flow dan post carbon.
Bagian penunjang terdiri dari filter, membran RO dan cartridge filter.
Tangki penampungan air yang berisikan 3 hingga 5 liter, konektor kran, set kran faucet dan selang RO.

Setelah mengetahui ketiga komponen utama dari mesin ini, maka berikut langkah-langkah dalam cara merakit Reverse Osmosis tersebut :

Housing pada mesin RO harus dilengkapi dengan pemasangan cartridge filter. Cartridge filter yang akan dipasang berjumlah 3 buah, dimana pemasangan pertama pada bagian spoon. kemudian pemasangan cartridge kedua pada bagian housing untuk meletakkan GAC dan yang terakhir adalah untuk wadah CTO.
Gunakan rangka besi yang disiapkan jika semua atau ketiga cartridge diatas sudah dipasang pada tempat yang benar. Pastikan urutan pemasangannya sudah benar, yakni bagian pertama yang dipasang adalah cartridge spoon disusul dengan cartridge GAC dan yang terakhir adalah cartridge CTO.
Kemudian langkah selanjutnya adalah memasangkan membran RO yang dilakukan dengan urutan bagian karet membran di sebelah luar housing. dan tutup kembali housing jika sudah berhasil dipasangkan dengan baik.
Lanjutkan dengan memasangkan selang yang ada di bagian pasokan air baku. Hubungkan tangki penampungan dengan selang yang berada di bagian inlet atau penyimpanan air baku tersebut. Pastikan pemasangan selang tersebut sudah benar dan tidak salah arah.
Langkah terakhir dari cara merakit reverse osmosis ini adalah pemasangan selang output post carbon. Setelah diletakkan pada posisi yang seharusnya maka sambungkan lagu selang ini dengan keran untuk dijadikan sebagai saluran pembuangan air. Yang nantinya berfungsi sebagai tempat untuk mengeluarkan air hasil olahan dari mesin RO ini.

Nah, demikianlah cara merakit reverse osmosis yang mudah dan sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *